Resep Masakan Padang Usus Sapi Enak Nikmat

Resep Masakan Padang Usus Sapi Enak Nikmat - Hallo sahabat Resep Masakan Kuliner Indonesia, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Resep Masakan Padang Usus Sapi Enak Nikmat, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Padang, Artikel Sapi, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Resep Masakan Padang Usus Sapi Enak Nikmat
link : Resep Masakan Padang Usus Sapi Enak Nikmat

Baca juga


Resep Masakan Padang Usus Sapi Enak Nikmat

Resep Masakan Padang Usus Sapi Enak Nikmat - Masakan padang memang banyak digemari masyarakat Indonesia, tidak mengherankan jika banyak rumah makan padang disetiap kota di pelosok Indonesia. Salah satunya yang digemari adalah masakan gulainya. Cita rasa yang diberikan memang berbeda dengan gulai dari daerah lainnya. Rasa pedas namun gurih membuat yang mencicipinya pasti bakalan ketagihan. 


Nah kali ini saya ingin berbagi resep masakan yang cukup banyak digemari yaitu Gulai Tambusu. Bagi sebagian orang yang belum tau, tambusu merupakan usus sapi yang didalamnya diberikan isi berupa campuran tahu, telor dan bumbu-bumbu lainnya. Disajikan dengan kuah gulai membuat cita rasa tembusu semakin nikmat. Berikut resepnya.Bahan :

1 kg usus sapi
5 butir telur ayam
5 butir telur bebek
1 liter santan kental dari 2 butir kelapa

Bahan pengisi usus:

2 butir bawang merah
2 siung bawang putih
1 sdm kemiri giling
1 sdt cabe merah giling
Garam secukupnya

Bahan Gulai:

10 buah cabe merah
6 butir bawang merah
6 siung bawang putih
4 butir kemiri
3 lembar daun salam
2 sdt air asam jawa
3 lembar daun jeruk nipis
1 ruas jari lengkuas
1 ruas jari jahe
1 ruas jari kunyit
1 lembar daun kunyit
Lada secukupnya
Garam secukupnya

Cara Membuat  :

1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencuci bersih usus sapi baik bagian dalam maupun bagian luar usus, usahakan jangan sampai usus sobek. Buang lemaknya kemudian ikat salah satu ujungnya.

2. Langkah kedua kocok telur ayam dan bebek, campurkan santan dan bahan pengisi secukupnya.

3. Langkah selanjutnya masukkan dalam usus sapi adonan telur dan santan, jangan terlalu penuh. Kemudian ikat ujungnya

4. Kemudian rebus air hingga mendidih, masukkan usus sapi yang telah diisi lalu rebus hingga matang. Aduk-aduk selama proses memasak agar kematangannya rata.

5. Langkah berikutnya masak santan hingga berminyak, kemudian tumis bahan gulai yang telah dihaluskan terlebih dahulu kecuali daun jeruk, daun kunyit dan daun salam.

6. Selanjutnya tambahkan daun jeruk, daun kunyit dan daun salam ke dalam tumisan bumbu halus, kemudian masukkan santan kental. Masak dengan api kecil hingga santan mengental, kalau terlalu kental tambahkan air mendidih.

7. Langkah terakhir masukan tambusu yang sudah dipotong ke dalam gulai, masak hingga matang. Angkat dan sajikan

Tips : Saat mengisi usus jangan sampai terlalu penuh, karena saat dimasak telur akan mengembang dan usu bisa pecah kalau diisi terlalu padat. Telur bebek digunakan agar adonan bisa agak keras saat dimasak.

Demikianlah Resep Gulai Tembusu Khas Sumatera Barat yang bisa kamu coba dirumah, yang perlu diperhatikan dalam membuat tambusu ini adalah jangan ada bahan ataupun langkah yang kurang. Selamat mmencoba


Demikianlah Artikel Resep Masakan Padang Usus Sapi Enak Nikmat

Sekianlah artikel Resep Masakan Padang Usus Sapi Enak Nikmat kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Resep Masakan Padang Usus Sapi Enak Nikmat dengan alamat link http://reseptopkuliner.blogspot.com/2016/07/resep-masakan-padang-usus-sapi-enak.html